Discovery Akhirnya Meluncur

Monday 31 August 2009
SEMPAT GAGAL, Pesawat ulang alik Discovery akhirnya meluncur menuju orbit dari landasan Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat, Jumat (28/8) waktu setempat atau Sabtu (29/8) pagi waktu Indonesia. Peluncuran Discovery sempat gagal dua kali akibat gangguan cuaca dan masalah teknis.

CAPE CANAVERAL (SI) – Setelah sempat batal dua kali dan mengalami gangguan teknis serta cuaca, pesawat ulang alik Discovery akhirnya menerangi angkasa saat diluncurkan, Jumat (28/8) tengah malam waktu Florida,AS,atau Sabtu (29/8) waktu Indonesia.Pesawat Discovery tampak seperti bintang terang dan meninggalkan jejak berkilo-kilo meter sebelum lepas dari pandangan lima menit setelah meluncur.

Pesawat tersebut membawa tujuh astronot, di antaranya dari Swedia dan Meksiko. Salah satu dari astronot itu adalah Nicole Stott akan tetap berada di stasiun antariksa sebagai teknisi.Astronot wanita berusia 46 tahun ini menepuk dada sambil mengatakan salam perpisahan “I love U” yang kemungkinan ditujukan kepada sang suami dan anaknya. Dalam misinya, Discovery membawa perbekalan berbobot total 17.000 pon ke stasiun antariksa.

Yang menarik, mereka membawa treadmill guna menjaga kebugaran astronot.Discovery diperkirakan akan mencapai pos orbit Minggu (30/8) malam. Saat Discovery lepas landas kemarin, stasiun angkasa berada lebih dari 354 km di atas Samudra Hindia. “Percobaan ketiga benar-benar memesona. Kami di sini berdoa semoga Anda dan tim Anda beruntung dan berhasil,” jelas Direktur Peluncuran Pete Nickolenko.

Sebelumnya, Discovery sudah dicobakan untuk diluncurkan sebanyak dua kali tapi terus gagal. Percobaan pertama gagal karena badai dan yang kedua tidak bisa terlaksana karena ada masalah katup bahan bakar. Dalam misinya yang akan berlangsung selama 13 hari,Discovery membawa serta delapan tikus untuk dijadikan bahan penelitian.

Empat tikus sudah direkayasa genetika pada tulangnya.Percobaan ini diharapkan menjawab pertanyaan penyebab patah tulang astronot saat berada dalam ruang tak bergravitasi.

sumber : sndo

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News