SATU MALAM ,DUA PASAR NYARIS LUDES TERBAKAR

Tuesday 29 September 2009
MALAM TEGANG: Kepanikan melanda warga di sekitar Pasar Sepinggan malam tadi. Amuk si jago merah menghabiskan sedikitnya empat petak di bagian sisi dan dalam pasar.

Lagi-lagi Pasar Sepinggan, Balikpapan Selatan, nyaris ludes dilalap api. Setelah kebakaran yang melalap sejumlah kios di sebelah pasar pada 12 Agustus lalu, giliran petak-petak di dalam pasar yang malam tadi (27/9) diamuk si jago merah. Beruntung api bisa segera dikuasai oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Kebakaran (BPBK) Kota Balikpapan, yang mengerahkan sejumlah unit mobil pemadam.

Dari keterangan sejumlah warga yang ditemui Kaltim Post di lokasi, api mulai terlihat sekitar pukul 21.00 Wita. “Waktu saya lewat, saya lihat ada asap keluar dari bagian belakang kios milik tante saya. Asapnya tebal dan ada api. Saya lihat, ternyata petak milik saudara saya sudah terbakar,” terang Hadijah, salah satu warga, kemarin.

Kebakaran tersebut sedikitnya menghanguskan 4 petak di lokasi pasar. Masing-masing 2 petak milik Hj Hase, dan 2 petak milik Sabar. Petak-petak tersebut diketahui menjual aneka barang kebutuhan rumah tangga, seperti perlengkapan pecah-belah.

Camat Balikpapan Selatan, Sutadi, berada di lokasi. “Sementara dari data yang ada memang baru membakar 4 petak atau empat kios itu. Karena belum diketahui pasti,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Kepala UPTD PasarVI WilayahSepinggan Andi Baharuddin. “Kami belum bisa mengetahui jumlah pasti petak yang terbakar berapa. Yang jelas, ada di bagian pojok milik Hj Hase itu dan ada juga petak di bagian belakang. Karena masih gelap, kita sementara mengamankan lokasi dulu. Takutnya ada orang-orang yang tak bertanggungjawab, memanfaatkan situasi,” ungkap Bahadruddin, sambil berjaga di depan jalur masuk ke dalam pasar.

Kapolresta Balikpapan AKBP Suwono Rubianto SH, didampingi Kasat Reskrim AKP Andrias Susanto yang dikonfirmasi terpisah menegaskan, masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran.

“Masih kami lakukan penyelidikan. Karena lokasinya di dalam pasar, kondisinya sudah malam dan gelap, ditambah warga yang banyak, kami masih sulit untuk melakukan penyelidikan. Secepatnya akan kami lakukan olah tempat kejadian perkara,” tegas Andrias.

Sementara sesaat setelah kebakaran di Pasar Sepinggan, laporan kebakaran juga diterima di kawasan Gunung Bakaran. “Ada informasi kebakaran semak-belukar, di sekitar SMP 10. Tapi masih dilakukan pengecekan oleh anggota. Ada yang menyebut di sekitar perumahan Korpri. Kita masih cek, apakah memang besar kebakaran semaknya. Jangan sampai mengancam pemukiman warga,” tegas Andrias lagi.

sumber : kp

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News