Timur salah tulis harta...

Sunday 17 October 2010
                                LOLOS: Timur yang lolos uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI tinggal dilantik jadi Kapolri. 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklarifikasi jumlah total harta kekayaan Timur Pradopo, yang dinilai mengalami kenaikan signifikan. Berdasarkan pemeriksaan ulang lembaga antikorupsi tersebut, terdapat kesalahan dalam pengisian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) . Hasilnya, kekayaan Timur hanya naik sekitar Rp 162.578 dari tahun 2008.

Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo, staf mantan Kapolda Jabar itu melakukan kesalahan dalam pengisian form LHKPN. "Ada kesalahan pengisian dari stafnya (Timur), jadi jumlah uang yang seharusnya masuk ke kolom jumlah, dimasukkan ke kolom item/barang," papar Johan, di gedung KPK, kemarin (15/10).

Akibat kesalahan tersebut, lanjut Johan, jumlah total harta kekayaan Timur melonjak hingga 110 persen, dari tahun pelaporan sebelumnya.

Setelah LHKPN diperiksa ulang, total harta kekayaan Timur tertanggal 4 Agustus 2010 hanya mencapai Rp 2,263 miliar. Jumlah tersebut hanya naik Rp 162 juta dari harta kekayaan sebelumnya senilai Rp 2,1 miliar, tertanggal 7 Januari 2008.

Rinciannya, harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan di kawasan Tangerang Selatan, senilai Rp 1.534.065, harta bergerak berupa alat dan transportasi yang terdiri dari enam mobil pribadi sebesar Rp 500 juta, harta bergerak lainnya berupa logam mulia Rp 110 juta, giro dan setara kas lainnya senilai Rp 119.524.428. Timur tercatat tidak memiliki surat berharga dan harta dalam bentuk mata uang dolar.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan Mochammad Jasin memaparkan di hadapan anggota dewan, bahwa harta kekayaan Timur Pradopo mengalami lonjakan hingga 110 persen. Jumlah harta kekayaan Timur pada 2008 senilai Rp 2,1 miliar, jumlah tersebut meningkat menjadi Rp 4,410 miliar pada 2010. Dalam kesempatan tersebut, Jasin mengakui, analisis harta dan penghasilan belum dilakukan klarifikasi dan pemeriksaan.

sumber:KP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News