Plaza Mulia Samarinda terkesan dipaksakan

Friday 11 September 2009
Meski pembangunan Plaza Mulia, belum rampung 100 persen, namun pusat perbelanjaan di Jl Bayangkara, tetap akan dilakukan soft opening pada Rabu (10/9) hari ini. Bahkan, terlihat beberapa tenant (pihak yang menyewa suatu bagian dari properti) yang sudah membuka sejak (23/8) lalu.banyak fasilitas pendukung dari plaza Mulia yang belum rampung dan siap untuk di operasikan tapi di paksakan untuk di buka resmi untuk umum tgl 10/09/ 2009.

Tumingan, side manager kontruksi Plaza Mulia, mengaku secara teknis memang belum siap. Hanya saja, pihak pengelola Hypermart dan Matahari memaksa buka Rabu (10/9). Sedangkan progres Plaza Mulia yaitu mencapai 95 persen. “Kami hanya bertanggungjawab sebatas kaca ekterior. Sedangkan, tata interior tergantung dari masing tenant,” ujarnya.

Mengenai jumlah kios, dia mengatakan yaitu berjumlah 96 dengan ukuran 8 X 9 meter. Selain itu, Plaza mulia nantinya diisi Matahari dan Hypermart. Untuk Matahari akan menempati dari lanti dasar hingga lantai 3. Dengan luas sekitar 4000 meter persegi. Sedangkan Hypermart menempati ¾ dari luas arela di lantai dasar, dengan luas sekitar 7300 meter persegi.

Plh Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota, Hariyoto saat meninjau Plaza Mulia meminta penjelasan mengenai udara panas yang dibuang ke arah jalan menuju balai kota. Pasalnya, suhu tersebut mengganggu pengendara yang melalui jalan balai kota.

Menanggapi hal tersebut, Tumingan menjelaskan, udara panas tersebut berasal dari genset yang dikeluarkan melalui cerobong asap. Hanya saja, pembangunan corobong asap ini belum siap, sehingga sementara gas panas tersebut dibuang ke jalan menuju balai kota. “Untuk mengatasi agar tidak menyembur ke jalan, nanti akan kami pasang penyekat temporer,” ujarnya.

Mengenai genset ini, dia menejelaskan di Plaza Mulia mempunya genset berkapasitas 2.150 KVA. Sedangkan bahan bakar genset dalam 1 hari yaitu rata-rata menghabiskan sebanyak 300 solar, atau dalam satu minggu sekitar 2.400 liter. “Sebenarya, pada malam hari, listrik yang diperlukan hanya 750 saja. Namun, hingga saat ini belum dipenuhi PLN,” ujarnya.

kalo menurut saya sih,,,pembangunan Plaza Mulia Samarinda sangat mendukung dan membantu masyarakat samarinda karena dengan adanya tambahan Plaza dan pusat perbelanjaan maka masyarakat samarinda tidak lagi berjubel mengantri masuk di dua plaza besar yang ada sebelumnya ,,dan mudahan saja dengan adanya Plaza mulia Samarinda masyarakat bisa merasakan manfaat darinya.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News