Pembangunan di Kalimantan Barat Gandeng Investor Belanda

Wednesday 16 September 2009
Jalan Trans Kalimantan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat siap menawarkan sejumlah potensi yang ada di provinsi itu termasuk peluang investasi di bidang energi listrik kepada investor dari Belanda. "Rencananya September (mereka) mau datang," kata Gubernur Kalbar Cornelis di Pontianak, Selasa (15/9).

Potensi Kalbar di sektor perkebunan terutama kelapa sawit, karet dan kakao. Untuk kelapa sawit, meski menghasilkan ratusan ribu ton crude palm oil (CPO) setiap tahun, namun Kalbar bukan pengekspor utama karena tidak mempunyai pelabuhan internasional. Begitu juga dengan karet, umumnya masih berupa bahan mentah.

Kalbar juga mempunyai potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang berlimpah. Untuk sumber daya perikanan tangkap potensi yang tersedia 1,63 juta ton per tahun, namun yang dimanfaatkan 303.007,42 ton. Sedangkan potensi budidaya, dari 13.047 hektare yang tersedia, yang dimanfaatkan hanya 28,76 hektare

Dalam pertemuan dengan instansi vertikal di Provinsi Kalbar beberapa waktu lalu, ia mengusulkan supaya proyek-proyek pembangunan pembangkit listrik yang kinerjanya rendah dialihkan ke investor lain, termasuk yang dari Belanda.

Salah satu yang ia kritisi adalah pembangunan PLTU 2 x 25 Mega Watt di Wajok Hilir, Kabupaten Pontianak, yang sejak dimulai tahun 2007 namun hingga kini belum terwujud.

PT Equator Manunggal Power bertindak selaku Independent Power Producers (IPP) di proyek tersebut. Listrik yang dihasilkan akan dijual ke PLN. Rencana investasi Rp 600 miliar dijadwalkan beroperasi Oktober 2009. Namun PLN kemungkinan akan memutus kontrak kerja PT Equator Manunggal Power karena tidak ada kemajuan.

Seiring pembukaan jalan lintas Kalimantan poros selatan yang diperkirakan mulai tahun 2010 serta pembukaan lintas batas baru di perbatasan dengan Sarawak, Malaysia, Kalbar akan mempunyai nilai yang strategis baik di bidang ekonomi maupun lainnya.

"Pokoknya, semua potensi ditawarkan ke investor untuk kesejahteraan rakyat Kalbar," kata Cornelis.

sumber : si

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News