Densus 88 Menyusup di KA Ekonomi dan Nonekonomi

Wednesday 16 September 2009
Penumpang yang sebagian besar para pemudik rela lesehan dan berdesakan di dalam gerbong.

PT Kereta Api (PT KA) melibatkan personel Densus 88 Antiteror untuk mengamankan kereta api yang mengangkut para pemudik.

"Densus 88 itu kami libatkan untuk pengamanan kereta api kelas ekonomi ataupun nonekonomi," kata Wakil Kepala Stasiun Pasar Turi Surabaya Adji Julainto, Selasa (15/9).

Setiap personel Densus 88 akan ditempatkan di setiap rangkaian kereta api tujuan Jakarta. Sementara itu, untuk kereta api tujuan lain, cukup anggota polisi biasa.

"Kereta api tujuan Jakarta itu paling banyak dipadati pemudik dibandingkan tujuan-tujuan lainnya," kata Adji beralasan.

Sebelumnya, Kepala PTKA Daerah Operasi (Daops) VIII Surabaya Judarso Widyono mengatakan, untuk pengamanan mudik Lebaran ini pihaknya melibatkan sedikitnya 200 personel kepolisian.

"Setiap rangkaian kereta api penumpang tujuan mana pun akan mendapatkan pengawalan dari anggota kepolisian," katanya.

Menurut dia, hal itu sudah sesuai prosedur yang ditetapkan dan dilaksanakan setiap tahun ketika kereta api sedang mengalami puncak kepadatan penumpang.

Pada Lebaran tahun ini pemudik yang menggunakan jasa angkutan kereta api dari Daops VIII diperkirakan mencapai 982.646 orang yang terdiri atas 803.596 kereta utama dan 179.050 kereta lokal.

Itu berarti jumlah penumpang kereta api mengalami peningkatan sekitar 14 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu yang hanya 846.969, dengan rincian 671.430 kereta utama dan 175.539 kereta lokal.

sumber : si

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News