MAFIA KOLUMBIA DON DIEGO AKHIRNYA DI PENJARA

Friday 23 October 2009
Diego Montoya

Diego Montoya, dijuluki ”Don Diego”, pernah memimpin Norte del Valle, sebuah kartel narkoba Kolombia (1990-2004). Di sebuah pengadilan di Miami, AS, dia meminta maaf kepada para korban. Pengadilan itu, Rabu (21/10), menjatuhkan hukuman penjara 45 tahun kepadanya.

Pada masa jayanya, kartel Norte del Valle diyakini telah mengekspor banyak kokain ke AS dibandingkan dengan kartel lain. Sebesar 60 persen ekspor ke AS, yang berasal dari Kolombia, dikirim kartel ini.

Di balik itu, ada Montoya sebagai otaknya. Dia sendiri menyatakan bersalah atas tuduhan yang diajukan, yakni konspirasi impor kokain.

Di pengadilan, Montoya meminta maaf atas perannya dalam perdagangan kokain. ”Saya sampai pada kesimpulan bahwa tak ada yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki kerusakan besar yang telah saya sebabkan,” katanya.

Setelah hukuman yang dijatuhkan, Montoya berkata, ”Adalah harapan tulus saya untuk bisa memberikan kelegaan kepada keluarga saya dan keluarga para korban dan menghentikan mimpi buruk mereka.”

Dalam perdagangan narkoba, juga terjadi aksi kekerasan, termasuk pembunuhan pada mereka yang menghalangi.

Hakim Cecilia Altonaga memutus hukuman penjara 45 tahun seperti diminta penuntut umum. Montoya setuju dan melihatnya sebagai bagian dari pernyataan bersalah. Perjanjian ekstradisi melarang pengenaan hukuman seumur hidup.

Hakim Altonaga juga memerintahkan Montoya membayar ganti rugi sebesar 500.000 dollar AS kepada keluarga Jhon Jairo Garcia, rekan lama Montoya yang diculik dan dipukuli sampai tewas oleh kartel Valle del Norte pada 2003.

Membunuh informan

Pihak jaksa mengatakan, Montoya memerintahkan pembunuhan Jhon Jairo Garcia. Alasannya, Garcia berperan sebagai informan bagi Badan Pengawas Obat-obatan AS (DEA). Jenazah Garcia yang dipotong-potong ditemukan di sungai dekat kota Cali, Kolombia.

Montoya menjadi seorang jutawan saat membangun kartel Norte del Valle menjadi penyelundup 545.000 kilogram kokain senilai lebih dari 10 juta dollar ke AS antara 1990 dan 2004, menggantikan kartel Cali yang sebelumnya menguasai.

”Sebuah pertempuran dua tahun antara Montoya dan seorang pemimpin kartel lain, Wilber Varela, dari tahun 2003 sampai 2005 menyebabkan ratusan tewas,” kata jaksa.

Montoya (48) pernah masuk dalam daftar 10 orang yang paling dicari FBI bersama Osama bin Laden. Dia ditangkap polisi Kolombia tahun 2007 saat bersembunyi di sebuah parit dengan hanya memakai celana dalam dan kemudian diekstradisi ke AS untuk menghadapi dakwaan.

April lalu, adik Montoya, Eugenio Montoya Sanchez, dijatuhi hukuman 30 tahun penjara oleh sebuah pengadilan di Miami untuk dakwaan serupa

sumber : k

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News