DATANGKAN TENAGA AHLI UNTUK MENGERJAKAN PERBAIKAN JALAN DI DEPAN DENZIPUR BALIKPAPAN

Friday 30 October 2009
TAHUN DEPAN BARU MULUS: Tidak sedikit dana untuk memperbaiki jalan rusak depan Zipur ini. Tampak kendaraan yang melaju pelan-pelan, maklum, ruas jalan tinggal setengahnya.

Jalan longsor di Depan Zipur, Km 3,5, Jalan Soekarno-Hatta belum akan diperbaiki tahun ini, meski ada ribuan kendaraan melintas di sana setiap harinya. Kerusakan jalan itu sudah setahun lebih, dan sejauh ini hanya diberi agregat serta tanda peringatan di median jalan. Rudi MS, pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kaltim mengatakan, minggu ini tim dari Jakarta baru menuntaskan penelitian khusus terhadap longsoran jalan tersebut. “Hasilnya belum dilaporkan, penelitiannya baru selesai,” katanya kemarin.

Dia menjelaskan, setelah hasil kajian tuntas, maka pihaknya tinggal menunggu desain yang juga rekomendasi dari pusat. Menurutnya, pihaknya sudah pernah memperbaiki ruas jalan tersebut. Hanya saja, kata dia, saat itu usai perbaikan, ternyata kerusakan terjadi lagi. Berdasar pada kondisi tersebut, maka pihaknya bersama tim dari pusat melakukan kajian komprehensif. Beberapa waktu lalu pihaknya juga sudah melakukan pengeboran di ruas jalan. Ternyata, ketika pengeboran sudah sampai pada kedalaman 8 hingga 9 meter ada rongga kosong di lapisan tanah. Pengeboran juga sudah pernah dilakukan pada kedalaman 12 meter. Dan ternyata lagi, pada lapisan tersebut ada batu bara. “Dengan kondisi yang begitu kan kita harus melakukan kajian dulu. Baru bisa tahu perbaikan yang bagaimana yang akan dilakukan,” terangnya.

Ditambahkan, prediksi perbaikan baru bisa dilakukan Februari tahun depan. Itu pun masih harus melalui tahapan lelang terbuka yang memang belum dilakukan. DPU Kaltim, terangnya, sudah mengajukan dana kepada pusat untuk rencana perbaikan tersebut. Kemungkinan dana yang dibutuhkan Rp 7 miliar semua dari APBN. Jumlah itu, bisa saja berubah. Tergantung bagaimana desain jalan yang akan keluar

sumber : kp

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News