Jembatan Mahulu kurang maksimal

Saturday 15 August 2009
Jembatan Mahulu Samarinda

Meski pembangunan Jembatan Mahulu telah selesai, nyatanya tak berhasil memecah kepadatan kendaraan yang melewati Jembatan Mahakam. Kecele, Dishub Samarinda kini berusaha menggencarkan sosialisasi dan imbauan.

“Mungkin karena belum umum, para pengguna kendaraan masih awam melewati jembatan ini. Tentu harus ada imbauan yang lebih intens,” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas dan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda Heri Prabowo.

Dijelaskannya, satu-satunya solusi agar kepadatan di Jembatan Mahakam bisa dipecah, dengan mengeluarkan imbauan. Yakni, karena Jembatan Mahulu belum bisa dilewati kendaraan yang tingginya lebih dari 4 meter, maka kendaraan dengan tinggi di bawah 4 meter dengan tujuan Samarinda Kota – Samarinda Seberang atau sebaliknya bisa melewati Jembatan Mahulu. Sementara, Jembatan Mahakam bisa dikhususkan sementara waktu untuk kendaraan besar, terutama pada jam-jam sibuk.

“Ini usulan saja. Namun, akan dilakukan kajian dan koordinasi dengan Satlantas Poltabes Samarinda dalam pelaksanaanya,” jelasnya.


PAKAI APCS

Sementara, untuk mengurangi tingkat kemacetan dalam kota, Dishub Samarinda akan memasang areal perfik control system (APCS) atau alat untuk mengatur kecepatan pergantian warna lampu pada traffic light. Dengan adanya alat ini, Dishub dapat mengatur waktu pergantian lampu pada traffic light, terutama pada daerah macet.

“Jadi, kalau ada jalan yang macet, maka lama lampu merah akan dipercepat sehingga arus kendaraan bisa cepat berjalan. Begitu juga dengan jalan yang lenggang, bisa diatur,” kata Heri Prabowo.

Mengenai jaringannya, delapan titik sudah dipersiapkan sebagai lokasi awal APCS. Yakni, di simpang empat Mal Lembuswana, simpang tiga Jembatan Mahakam, simpang empat Air Putih, simpang empat Teluk Lerong, simpang empat Air Hitam, kawasan Pasar Pagi, simpang empat Jl Bhayangkara (depan SMPN 1) dan simpang empat Jl Agus Salim.

“Kami berharap sudah bisa digunakan triwulan akhir 2009. Yakni pada Oktober nanti selesai dibangun dan langsung uji coba,” katanya.

sumber : KaltimPos

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News