KEBAKARAN KEMBALI MELANDA SAMARINDA SEBERANG

Monday 7 December 2009
–Kecamatan Samarinda Seberang kembali dilanda kebakaran. Kali ini tepatnya di Jalan Daeng Mangkona RT 18 pada Minggu (6/12) sekitar pukul 20.30 Wita. Empat rumah yang dihuni 5 kepala keluarga dan 17 jiwa, ludes dilalap si jago merah, hanya dalam waktu 30 menit. Api berhasil dipadamkan satu jam kemudian. Saiful seorang warga RT 18 mengungkapkan, api terlihat sekitar pukul 20.30 Wita dari rumah Iskandar (70).

“Api langsung membesar, kami hanya bisa membantu dengan alat seadanya,” ungkapnya. Warga setempat yang mengetahui kebakaran ini segera berdatangan ke lokasi kejadian dan berusaha memadamkan api dengan menyiramkan air dari ember. Namun api tidak berhasil dikendalikan. Setelah 24 unit mobil pemadam kebakaran tiba lokasi kebakaran, api baru bisa dijinakkan.

Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Beberapa sumber lainnya yang ditemui media ini di tempat kejadian menyebutkan, api diduga berasal dari korsleting listrik. Sebab beberapa hari sebelumnya, di rumah Iskandar dilakukan perbaikan instalasi listrik. "Listrik di rumah Pak Iskandar memang diperbaiki beberapa hari lalu.

Mungkin itu penyebabnya," tutur Muin, warga RT 18 yang saat kebakaran berada di depan rumah Iskandar. Ketua RT 18 Maskur AM membenarkan musibah kebakaran berasal dari rumah Iskandar. "Tapi penyebabnya masih belum jelas," ungkap pria yang rumahnya terletak bersebelahan dengan ke empat rumah yang musnah terbakar. Dijelaskan, Iskandar tinggal seorang diri malam tersebut.

Istrinya sedang di rumah sakit menjalani perawatan kesehatan. Seorang anaknya telah menikah dan tidak tinggal di rumah tersebut. Tiga rumah bangsalan lainnya yang turut musnah juga milik Iskandar yang berjalan harus ditopang tongkat. "Untungnya pada saat kebakaran ada warga yang membopong Iskandar keluar sehingga tidak ada korban jiwa," tutur Maskur.

Sementara itu, Camat Samarinda Seberang Sumaryadi menyatakan akan segera mengupayakan bantuan bagi korban kebakaran. "Saya akan meminta petugas di kelurahan untuk membantu proses pendataan warga yang mengalami musibah agar segera mendapatkan bantuan dari asuransi kebakaran," ungkapnya. Sedangkan Kapoltabes Samarinda AKBP M Arkan Hamzah mengatakan, pihaknya belum bisa menentukan penyebab kebakaran.

"Saksi sudah kami data dan akan dimintai keterangannya usai kebakaran ini," tutur Arkan didampingi Kapolsek Samarinda Seberang AKP Wawan Setiawan. Kebakaran ini merupakan musibah kesekian kalinya di Kecamatan Samarinda Seberang. Dalam sebulan terakhir, telah terjadi sedikitnya tiga kebakaran di kecamatan tersebut

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News