POLTABES SAMARINDA SITA 5 KG GANJA

Tuesday 22 September 2009
Dalam 10 hari terakhir Ramadan, polisi berhasil menangkap 13 tersangka narkoba. Barang bukti (bb) yang disita yakni 4,5 gram sabu, 4 gram heroin, dan 1 kg ganja.

Kapoltabes Samarinda Kombes Pol A Kamil Razak didampingi Kasat Narkoba Kompol Nandang Mu’min Wijaya SIK mengatakan, keberhasilan penangkapan ini atas informasi warga yang melaporkan adanya transaksi narkoba di Jl Jelawat.

Melalui informasi inilah, polisi melakukan penyelidikan dan akhirnya mendapatkan tersangka bernama Romadoni (37). Dari tangan tersangka, polisi mengamankan bb berupa 13 poket heroin dengan berat 4 gram beserta timbangan.

Dari pengakuan tersangka kepada polisi, heroin itu pesanan pelanggan tersangka. Asal barang diduga dari Yogyakarta dan Jakarta. “Kami masih mempelajarinya. Yang jelas barang berasal dari luar daerah,” ujar Nandang.

Menurutnya untuk kategori Samarinda, pengungkapan 4 gram heroin tersebut termasuk besar dan bisa dikatakan kasus yang langka. Pasalnya, heroin ini sangat sulit didapatkan sembarang orang. “Peminatnya banyak. Hanya saja, barang ini sangat sulit didapat,” ujarnya.

Sedangkan satu tersangka yang membawa 1 kg ganja yaitu Risa Ardiansyah (25) yang tertangkap Selasa (15/9) lalu di samping Terminal Sungai Kunjang.

Dari pengakuan tersangka, barang tersebut dibawa dari Balikpapan. Rencananya disetor kepada temannya di Samarinda. Sayangnya, belum sempat bertemu dengan koleganya, dia sudah digelandang ke penjara.

Namun, hingga kemarin, teman Risa belum tertangkap. “Kami sudah mengantongi nama teman tersangka. Saat ini masih dilakukan penyelidikan,” ujar Nandang.

Atas perbuatannya, Romadoni dan Risa diganjar pasal 78 (1), 80 (1)a, 81 (1)a, Undang–undang No 22 Tahun 1997 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal 10 tahun penjara dan maksimal hukuman mati. “Mengapa lebih berat, karena heroin dan ganja termasuk golongan narkotika yang mempunyai efek perusak lebih besar daripada psikotropika,” pungkasnya.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News