POLTABES SAMARINDA SIAPKAN DEREK DAN TILANG DI TEMPAT UNTUK TERTIBKAN PARKIR LIAR

Wednesday 9 June 2010
Maraknya aktivitas parkir liar di sepanjang jalan khususnya dalam Kota Samarinda, benar-benar membuat Poltabes Samarinda meradang. Bukan hanya soal kemacetan, yang sering kali ditimbulkan. Namun juga mengarah pada konflik rebutan lahan antar sesama juru parkir (jukir) liar. Seperti halnya yang terjadi di kawasan Jl KH Khalid, Samarinda Ilir, beberapa waktu lalu.
Menyikapi hal itu, Kapoltabes Samarinda Kombes Pol HM Arkan Hamzah, melalui Kasat Lantas Kompol Handoko SIK menegaskan, Rabu (9/6) besok, anggota Satlantas dibantu personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda, akan melakukan razia parkir liar di sejumlah wilayah.
"Khususnya yang berada di dalam kota. Kami tidak mau hanya disebut terlalu banyak koordinasi. Rabu (besok, Red) saya tegaskan razia parkir liar akan digelar. Kami pun tak akan segan untuk menderek juga menilang kendaraan, yang kedapatan kami parkir di sembarang tempat," tegas Handoko kepada Sapos, Senin (7/6) kemarin.
Menurut Handoko, kemarin, pihaknya telah menggelar pertemuan dengan Dishub. Tujuanya membahas rencana penertiban parkir liar yang selama ini menjadi perhatian warga. "Kami juga membahas langkah apa dan cara yang akan diambil nanti di lapangan. Salah satunya terkait ketegasan menderek dan menilang kendaraan yang terparkir sembarangan. Dalam rapat tersebut kami akan gunakan 2 cara, yaitu tilang di tempat jika ada pemiliknya dan derek jika tak ada pemiliknya," jelas Handoko.
Bukan cuma mengatur parkir liar yang disebut-sebut menjadi salah satu biang masalah. Termasuk lalu lintas kendaraan berat.  "Penertiban ini juga untuk menertibkan maraknya kendaraan-kendaraan besar, khususnya truk pengangkut kontainer yang beroperasi di luar jam ketentuan yang telah ditetapkan. Pastinya, apa yang membuat macet jalan dalam kota, akan kami tindak tegas tanpa ada toleransi," ucap Handoko.
Ditanya soal tindakan terhadap jukir liar, Handoko menyebut, hal itu menjadi wewenang Dishub. "Namun jika ada unsur tindak pidana dan mengakibatkan warga menjadi korban, maka polisi yang akan menindak tegas," tandasnya.


sumber : SP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

My Photo
Ernesto Silangen
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
View my complete profile

Followers

 
Copyright © Mahakam News